Selasa, 05 Maret 2013

CHARACTER MATTER (PERSOALAN KARAKTER)

CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.

-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.




Judul:CHARACTER MATTER
Persoalan Karakter 

Pengarang

:

Thomas Lickona
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
Bumi Aksara                                                  
978-602-217-277-2
1, th 2012
Indonesia
xxviii + 376 hlm
HVS
Soft Cover
15,5 cm x 23 cm
Kondisi
Berat
Harga
:
:
:
Baru
550  gram                   
Rp. 83.000,-


discont  10%

Bayar:Rp. 74.700,- 




CHARACTER MATTER (PERSOALAN KARAKTER)
Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas dan kebijakan penting.
Pengarang : Thomas Lickona
(Penulis buku terlaris "Educating for Character", Pemenang Christopher Award)
Penerbit Bumi Aksara


DAFTAR ISI :


BAGIAN SATU  : MENGAPA KARAKTER DIPERSOALKAN  

BAB 1.  Mengapa Karakter Dipersoalkan

*   Hal-hal yang Baik
*   Isi Karakter Kami 
*   Sepuluh Esensi Kebajikan
*   Dua Sisi Karakter
*   Bagaimana Kondisi Karakter Kita Saat Ini?
*   Kartu Laporan (Report Cord) Tahun 2002 tentang Etika Pemuda Amerika
*   Karakter di Saat Berhadapan Dengan Godaan: Eksperimen Dompet Hilang
*   Apa yang Memotivasi Kejujuran?
*   Karakter Ketika Berhadapa Dengan Kejahatan: Studi Tim Penyelamat
*   Apa Motivasi Penyelamat?
*   Akar Kepedulian
*   Karakter Sebagai Transformasi Moral Diri
*   Karakter Demokrasi Kita
*   Seks dan Karakter
*   Gerakan Nasional Pendidikan Karakter

BAGIAN DUA :  MENCIPTAKAN KELUARGA YANG BERKARAKTER

BAB  2.  Membessarkan Anak-Anak yang Berkarakter
*   Jadikan Pengembangan Karakter Sebagai Prioritas Utama 
*   Jadilah Orang Tua yang Otoriter
*   Cinta Anak-Anak
*   Mengajar dengan Contoh
*   Mengelola Lingkungan Moral
*   Gunakan Pengajaran Langsung untuk Membentuk Hati Nurani dan Kebiasaan
*   Mengajarkan Keputusan yang Baik
*   Kedisiplinan Secara Bijaksana
*   Memecahkan Masalah dengan Adil
*   Memberikan Kesempatan untuk Mempraktikkan Kebijakan
*   Mendorong Pengembangan Spiritual
 
MBAB  3.   Membangun Kemitraan Sekolah-Rumah yang Kuat
*   Menegaskan Keluarga Sebagai Pendidik Karakter yang Paling Utama 
*   Mengharapkan Orang tua untuk Berpartisipasi
*   Memberikan Insentif Bagi Partisipasi Orang Tua
*   Menyediakan Program Tentang Parenting dan Berusaha untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi
*   Mendapatkan Program Untuk Orang Tua
*   Menetapkan TR Keluarga
*   Bentuk kelompok Orang Tua Sebaya yang Saling Mendukung
*   Melibatkan Orang Tua dalam Perencanaan Program Pendidikan Karakter
*   Membentuk Forum yang Sedang Berlangsung untuk Orang Tua
*   Membentuk Komite Orang Tua Mengenai Pendidikan Karakter Membuat Perjanjian Moral dengan Prang Tua
*   Memperbarui Perjanjian
*   memperluas Perjanjian Menjadi Kedisiplinan
*   Memperluas Perjanjian pada Olahraga dan Kegiatan Ekstrakurikuler Lainnya
*   Memperpanjang Perjanjian untuk Memerangi Dampak dari Media
*   Menjadi Responsif terhadap Keluhan Orang Tua
*   Menghormati Keutamaan Hak Orang Tua Seputar Pendidikan Seks
*   Meningkatkan Semua Arus Komunikasi Positif Antara Sekolah dan Rumah
*   Biarkan Orang Tua Mengetahui tentang Pekerjaan yang Diharapkan dan Selalu Kirimkan Laporan Reguler
*   Menyediakan Pusat Bantuan Keluarga dan Sekolah Komunitas

BAB  4.   Berbicara dengan Anak tentang Seks, Cinta dan Karakter
*   Sek dan  Hati manusia 
*   Lingkungan yang Teracuni Seks
*   Anda Harus memahami tentang Apa yang Dibutuhkan Anak-anak Supaya Mereka Mampu Menghindari Seks Dini
*   Menunjukkan Tren Positif
*   Bantu Anak-anak Untuk Memahami Mengapa Beberapa Remaja Terlibat dalam Seks
*   Berbicara tentang Apa yang Dianggap Sebagai "Seks"
*   Ajarkan Anak-anak tentang Cara Non Seksual untuk Menjadi Intim
*   Penawaran Sebuah Visi
*   Bicara tentang Bahaya Emosional dari Hubungan Seks Tanpa Ikatan
*   Diskusikan Hadiah dari Menunggu
*   Berbicaralah tentang Masalah yang Berat
*   Melaksanakan Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Seks di Sekolah


BAGIAN TIGA :  MENCIPTAKAN RUANG KELAS YANG BERKARAKTER

BAB  5.  Membangun Ikatan dan Model Karakter
*   Mengajar Seperti Sebuah Persoalan Hubungan 
*   Gunakan Kekuatan Jabat Tangan
*   Mengenal Mahasiswa Sebagai Individu
*   Gunakan Ikatan untuk Memperbaiki Perilaku
*   Gunakan Kekuatan Contoh
*   Gunakan Inventaris-Diri untuk Fokus Sebagai Panutan
*   Mengundang Pembicara yang Merupakan Panutan yang Positif
*   Hasil Riset Menunjukkan



BAB  6.  Mengajarkan Akademik dan Karakter Secara Bersama
*   "Jika Kita Melakukan Pendidikan Karakter, Akankah Hal tersebut Meningkatkan Pembelajaran Akademik?"
*   Sebutkan Kebajikan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Siswa yang Baik
*   Ajarkan Pentingnya Tujuan
*   Ajarkan Pentingnya Keunggulan
*   Ajarkan Pentingnya Integritas
*   Ajarkan Seakan Siswa Bisa Bertanggungjawab atas Pembelajaran Mereka
*   Menggunakan Proses Pembelajaran yang Menjadikan Pengembangan karakter Sebagai Bagian Dari Setiap Pembelajaran
*   Mengelola Ruang Kelas supaya Karakter Menjadi Penting
*   Ajarkan Muatan Kurikulum Seperti Persoalan Karakter
*   Gunakan Kurikulum Sekolah yang Was untuk Mengajar Kebajikan Moral dan Intelektual
*   Menyusun Diskusi Seperti Masalah Karakter
*   Mengajarkan Peprsoalan Kebenaran
*   Mengajar dengan keseimbangan Komitmen
*   Model Keseimbangan dan keadilan dalam Berurusan dengan isu-isu Kntroversial 
*   Ajarkan Persoalan Keadilan 



BAB  7.  Mempraktikkan Disiplin Berbasis Karakter
*   Berbagi Agenda
*   Pertahankan Sikap Bertanggungjawabb Siswa
*   Mengajarkan Prinsip-prinsip Tanggungjawab
*   Melibatkan Siswa di Dalam menentukan Aturan
*   Mengajarkan Aturan Emas
*   Berbagi Rencana dengan Orang Tua
*   Mempraktikkan Prosedur
*   Gunakan Bahasa yang Baik
*   Membantu para Siswa Belajar dari Kesalahanan 
*   Membantu para Siswa Membuat Rencana Perubahan Perilaku
*   Bahaslah Mengapa Suatu Perilakku Itu Salah
*   Gunakan Waktu Jeda dengan Efektif
*   Ajarkanlah Ganti rugi
*   Membuat Anak-anak Saling Membantu Satu Sama Lain
*   Bersiaplah untuk Menerima Seorang "Guru Tamu"
*   Berikanlah Tanggungjawab Kepada Anak yang Sulit Diatur
*   Merancangg Program "Kasih yang Tegas: bagi para Siswa yang Sulit Diatur



BAB  8.  Mengajarkan Tata Cara yang Baik
*   Buatlah Anak-anak Berfikir Mengapa Tata Cara yang Baik Itu Penting
*   Mengajarkan Aturan halo- Sampai Jumpa
*   Mengajarkan Tata Cara yang Baik dengan menggunakan Alfabet
*   Implementasikan kurikulum tata Cara



BAB  9.  Mencegah Kenakalan Teman Sebaya dan Mengedepankan Kebaikan
*   Awali dengan Disiplin Berbasis Karakter
*   Ciptakan Komunitas Sekolah yang Peduli
*   Implementasikan suatu Program Anti-Intimidasi yang Efektif
*   Mintalah para Siswa untuk Bertanggungjawab Menghentikan Kenakalan di Antara Teman Sebaya
*   Membangun Komunitas Kelas
*   Mengedepankan Pertemanan
*   Lakukan "Pujian Tanpa Nama"
*   Implementasikan Pembelajaran Kooperatif Berkualitas
*   Mengajarkan Empati Melalui Literatur Anak-anak
*   Buatlah Anak-anak dengan Kekurangan mengajari Teman-teman Sebaya Mereka
*   Gunakan  Tujuh E untuk Mengajarkan Kepedulian
*   Gunakan Kekuatan Ikrar
*   Buatlah anak-anak Membuat Catatan Perbuatan Baik
*   Merayakan Kebaikan
*   Mintalah para Teman Sebaya Mengenali Teman-teman Mereka
*   Gunakan Pertemanan kelas untuk membahas Intimidasi
*   Membangun Ikatan Melalui Ssahabat Kelas
*   Menciptakan "Keluarga Sekolah"
*   Implementasikan kelompok Penasihat
*   Menciptakan Bus Sekolah yang Aman dan menghormati




BAB  10.  Membantu Anak-anak (dan Orang Tua) Bertanggung Jawab untuk Membangun Karakter Mereka Sendiri
*   Ajarkanlah Mengapa karakteri Itu Penting
*   Ajarkanlah "Tidak Ada Seorangpun yang Dapat Membangun Karakter Anda"
*   Ajarkanlah "Kita Menciptakan Karakter Kita Melalu i Pilihan yang Kita Tentukan"
*   Pelajari Pribadi Berkarakter
*   Buatlah para Siswa Melakukan Wawancara Karakter
*   Mintalah para Siswa Menilai Karakter Mereka Sendiri
*   Ajarkanlah Susunan Saran Harian
*   Ajarkanlah Anak-anak untuk membuat "Strip Sasaran"
*   Bantulah Anak-anak Menghubungkan Kebajikan dengan Kehidupan
*   Nilailah "Tingkat Tanggung Jawab"
*   Gunakan Kutipan Tanggung Jawab"
*   Gunakan Kutipan kepribadian untuk membantu Anak-anak Meraih Cita-cita
*   Membuat Papan Buletin Penentuan Cita-cita
*   Meminta para Siswa untuk Menuliskan 100 Impian 
*   Mintalah para Siswa Mengembangkan Portofolio
*   Mintalah para siswa Menuliskan Suatu Pernyataan Misi
*   Mampukah Para Siswa untuk Merefleksikan Pernyataan Terbesar dalam Hidupnya

BAGIAN EMPAT :  MENCIPTAKAN SEKOLAH BERKARAKTER

BAB  11.  Buatlah Sekolah Anda Menjadi Sekolah Berkarakter
*   Menciptakan Tonggak
*   Memiliki Motto Berbasis Karakter
*   Mencari Dukungan Kepala Sekolah untuk Membuat Karakter Menjadi Prioritas
*   Membentuk Kelompok Kepemimpinan
*   Mengembangkan Basis Pengetahuan
*   Memperkenalkan Konsep Pendidikan Karakter Kepada Seluruh Staf
*   Mempertimbangkan "Tipe Kepribadian Macam Apakah yang Kita Inginkan dari Para Siswa?
*   Mempertimbangkan "Apakah Arti Pendidikan Karakter untuk Saya?"
*   Mempertimbangkan "Apakah Pendidikan Karakter Tersebut Akan Dapat Dilaksan akan di Seluruh Sekolah?"
*   Menganalisis Kebudayaan Moral dan Intelektual Sekolah
*   Memilih Dua Prioritas untuk meningkatkan Kebudayaan Sekolah
*   Bertanyalah, "Haruskah Kita Berkomitmen untuk Menjadi Sekolah Berkarakter?"
*   Merencanakan Program Pendidikan Karakter Berkualitas
*   Memilih Strategi Organisasi untuk Mendorong Kebaikan
*   Membuat Penilaian Sebagai Bagian dari Perencanaan
*   Membangun Komunitas  Orang Dewasa yang Kuat
*   Meluangkan Waktu bagi Karakter


BAB  12.  Melibatkan Para Siswa dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter
*   Melibatkan para Siswa dalamm merencanakan dan melaksanakan program pendidikan karakter
*   Menggunakan Pertemuan Kelas untuk memberikan Anak-anak Suara dan Tanggung Jawab
*   Melibatkan para Siswa dalam pemerintahan Siswa Partisipatoris di Tingkat Sekolah
*   Memberikan Kesempatan Informal bagi Masukan Siswa
*   Menantang para Siswa untuk Memimpin Kampanye di Sekolah
*   Membentuk Sistem Monitoring
*   Membentuk Klub atau Komite Karakter
*   Menghargai Kepemimpinan Siswa



BAGIAN LIMA :  MENCIPTAKAN KOMUNITAS YANG  BERKARAKTER

BAB  13.  Melibatkan Seluruh Komunitas dalam Membangun Karakter yang Baik
*   Memperkuat Kemitraan Sekolah-Komunitas
*   Memperkuat Keluarga
*   Berkomitmen untuk Menjadi Komunitas Berkarakter
*   Menciptakan Kelompok Kepemimpinan
*   Berikan Setiap Orang Kesempatan untuk Bergabung
*   Mengidentifikasi Ciri-ciri Sasaran
*   Memberikan Pelatihan Kepemimpinan
*   Buatlah Pebisnis Terlibat
*   Mendorong Kesadaran Komunitas Akan Karakter
*   Mengintegrasikan Karakter ke Dalam Seluruh Program Komunitas
*   Menciptakan Peranan Khusus Bagi Polisi
*   Memberikan Anak-anak Peran Kepemimpinan
*   menghargai Karakter yang Baik
*   Meminta para Relawan Komunitas untuk Mengajarkan Karakter di Sekolah
*   Menilai Dampak Inisiatif Karakter Komunitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.