Selasa, 29 Januari 2013

COLLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES


CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.



Judul:COLLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES
(Teknik-Tekink Pembelajaran kolaboratif)

Pengarang

:

Elizabert E. Barkley
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
Nusamedia                                                   
979-1305-62-5
2, th 2012
Indonesia
xx + 444 hlm
HVS
Soft Cover
15,5 cm x 23 cm
Kondisi
BeratHarga
:
:
:
Baru300  gram                  
Rp. 60.000,-


discont  10%

Bayar:Rp. 54.000,- 



COLLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES (Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif)

30 Metode Meraih Sukses Bersama Dalam Studi Secara Efektif dan Menyenangkan


DAFTAR ISI :

BAGIAN 1. PENDAHLUAN
ALASAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Apakah yang Kami Maksud dengan Pembelajaran Kolaboratif
Ada Perbedaan antara Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif
-  Pembelajaran kooperatif
-  Pembelajaran kolaboratif
-  Pembelajaran Kooperativ versus Kolaboratif
Apakah Karakteristik yang Menghubungkan Kelompok Pembelajaran yang Efektif
Apakah Dasar Pemikiran Pedagogis bagi Pembelajaran Kolaboratif
-  Pentingnya Membuat Koneksi
-  Koneksi Neurologis
-  Koneksi Kognitif
-  Koneksi-Koneksi Sosial
Apakah Bukti Bahwa Pembelajaran Kolaboratif Mendorong dan Meningkatkan Pembelajaran 
-  Riset Mengenai Teman Sebaya
-  Riset Mengenai Lingkungan Perguruan Tinggi
-  Riset Terhadap Pembelajaran Kolaboratif di Kelas
-  Riset Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Mahasiswa Manakah yang Mendapatkan Manfaat Paling Besar dari Pembelajaran Kooperatif
Apakah Semua Orang Senang dengan Pembelajaran Kooperatif
-  Masalah-Masalah yang Tidak Diriset
Kesimpulan
Catatan Akhir

BAGIAN 2. MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
MENGORIENTASIKAN MAHASISWA
Pendahuluan dan Pemecahan Kebekuan
-  Pemecahan kebekuan sosial
-  Pengenalan Perkuliahan
Kebijakan dan Prosedur Perkuliahan
-   Tinjauan Silabus
-  Menentukan Aturan Dasar Kelompok
-  Kontrak Belajar Kelompok
Mengorientasikan Mahasiswa pada Pembelajaran Kolaboratif
Kesimpulan

MEMBENTUK KELOMPOK
Jenis Kelompok
Ukuran Kelompok
-  Memilih Anggota Kelompok
-  Mengubah Anggota Kelompok
-  Membagi Peran pada Anggota Kelompok
Kesimpulan

MENYUSUN TUGAS PEMBELAJARAN
Pertimbangan Umum Ketika Menyusun Tugas
Merancang Pengarah Tugas Pembelajaran
Membuat Tugas yang Berhubungan dengan Desain Perkuliahan yang Lebih Luas
-  Taksonomi Tujuan-Tujuan Pendidikan Ciptaan Bloom
-  Teaching Goals Inventory (TGT) dan Classroom Assessment Techniques (CATs) dari Anglo dan Cross
-  Menggunakan Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengimplementasikan Model ini 
-  Model-model Desain Perkuliahan Lainnya
Kesimpulan

MEMFASILITASI KOLABORASI MAHASISWA
Memperkenalkan Kegiatan
Mengobservasi dan Beriteraksi dengan Kelompok
Menangani Masalah
-  Paprtisipasi yang Tidak Berimbang
-  Penolakan Mahasiswa Terhadap kerja Kelompok
-  Perilaku Mangkir dari Tugas
-  Kelompok yang Tidak Bisa Akur
-  Ada Beberapa Atau Tidak Ada Mahasiswa yang Bersedia Menjadi Pemimpin
-  Tingkat Kemampuan yang Berbeda
-  Kelompok-kelompok yang Bekerja dengan Tingkat Berbeda
-  Persoalan Kehadiran
-  Kecurangan
Teknik-Teknik Pelaporan
Membantu Kelompok Membuat Penutup
-   Membantu Kelompok Menyintesiskan Pelajaran yang Telah Dipelajari dan kesimpulan yang Dicapai
-  Membantu Mahasiswa Merayakan Pencapaian Mereka
Kesimpulan

MEMBERI NILAI DAN MENGEVALUASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Memastikan Tanggung jawab dan Interdependensi Positif Kelompok
-  CoLT 12: Tes-Taking Teams
-  CoLT 20: Group Gird
-  CoLT 24: Dialogue Journals
Pedoman Umum untuk Memberi Nilai Kerja Kolaboratif
Keputusan Penting Dalam Memberi Nilai Untuk Kerja Kolaboratirf
-  Menentukan Apa yang Harus Diegvaluasi
-  Memutuskan Apakah Harus Evaluasi Terhadap Tujuan Formatif dan Sumatif
-  Memutuskan Siapa yang Melakukakn Evaluasi
-  Pengajar
-  Evaluasi oleh Mahasiswa Sendiri
-  Evaluasi oleh Teman
-  Evaluasi oleh Kelompok
Kesimpulan

BAGIAN 3. TEKNIK-TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLT)
Asal Usul CoLT
Bagaimana Menggunakan CoLT
Katogori-kategori CoLT
Format yang Digunakan untuk Menyampaikan CoLT

TEKNIK-TEKNIK DISKUSI
Think - Pair - Share (Bertukar Pikiran Secara Berpasangan)
Round Robin (Merespon Bergiliran)
Buzz Group (Kelompok Desas-Desus)
Talking Chips (Keping Bicara)
Three - Steps Interview (Wawancara Tiga Tahap)
Critical Database (Debat Kritis)

TEKNIK-TEKNIK PENGAJARAN RESIPROKAL
Note - Taking Pairs (Pasangan Mencatat)

Learning Cell (Sel Pembelajaran)
Fishbowl (Toples Ikan)
Role Play (Permainan Peran)
Jigsaw (Menyusun Potongan Pusel)
Test - Taking Teams (Tim Peserta Ujian)

TEKNIK-TEKNIK PENYELESAIKAN MASALAH
Think - Aloud Problems Solving (TAPPS) (Menyelesaikan Masalah Berpasangan secara Lisan)
Send - A - Problem (Mengirim Masalah
Case Study (Studi Kasus)
Structured Problem Solving (Penyelesaian Masalah Terstruktur)
Analitic Teams (Tim analisis)
Group Investigation (Investigasi Kelompok)

TEKNIK-TEKNIK MENGGUNAKAN PENGELOLA INFORMASI GRAFISW
Affinity Grouping (Pengelompokan Afinitas)
Group Grid (Kisi Kelompok)
Team Matrix (Matrix Team)
Sequence Chains (Rantai Skuen)
Word Webs (Jaring-Jaring Kota)

TEKNIK-TEKNIK YANG BERFOKUS PADA MENULIS
Dialogue Jurnal (Jurnal Dialog)
Round Table (Meja Bundar)
Dyadic Essay (Menulis Esay Berpasangan)
Peer Editing (Pengeditan Oleh Teman)
Team Anthologies (Antologi Kelompok)
Paper Seminar (Makalah Seminar)

LAMPIRAN: IDE-IDE LAIN UNTUK MENGINTEGRASIKAN TUGAS PEMBELAJARAN KE DALAM SEBUAH KERANGKA KURIKULUM
Understanding by design Karya Wiggins dan Mc Tighe (1988)
-  Mengajar untuk Pemahaman
-  Backward Design (Desain Mundur)
-  Menggunakan Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif
-  Mengimplementasikan Model Ini
-  Contoh: Sejaran Perang Vietnam
-  Penjelasan dan Aplikasi
-  Aplikasi, Interpretasi, Perspektif, dan Empati
-  Empati dan Pemahaman-Diri
Pengalaman Signifikacant Learning dari Fink (2003)
- Taksonomi Significant Learning
-  Menggunakan Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengimplementasikan Model Ini
-  Tujuan Pembelajaran








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.