Rabu, 30 Januari 2013

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.


Judul:PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Pengarang

:

Dra. Desmita, M.Si
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
PT. Remaja Rosdakarya                                                   
979-692-850-3
1, th 2009
Indonesia
xiv + 314 hlm
HVS
Soft Cover
16 cm x 24 cm
Kondisi
BeratHarga
:
:
:
Baru
500 gram                
Rp. 59.500,-


discont  20%

Bayar:Rp. 47.600,- 




Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA


DAFTAR ISI :

BAB 1.  MAKNA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pendahuluan
Pengertian Psikologi Perkembangan Peserta Didik
Tujuan Psikologi Perkembangan Peserta Disik
Manfaat Psikologi Perkembangan Peserta Didik

BAB  2.  KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Hakikat Perkembangan
-  Perkembangan
-  Pertumbuhan
-  Kematangan
-  Perubahan
Hukum-hukum Perkembangan
-  Hukum Kesatuan Organis
-  Hukum Tempo Perkembangan
-  Hukum Irama (Ritme) Perkembangan
-  Hukum Masa Peka
-  Hukum Rekapitulasi
-  Hukum Mempertahankan dan Mengembangkan Diri
-  Hukum Predistinasi
Fase-fase Perkembangan
-  Periodesasi Perkembangan Berdasarkan Ciri-ciri Biologis
-  Fase Perkembanganan Berdasarkan Konsep Didaktif
-  Periodesasi Perekembangan Berdasarkan Ciri-ciri Psikologis
-  Periodesasi Perkembangan berdasarkan Konsep Tugas Perkembangan
-  Periodesasi Perkembangan menurut Konsep islam
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
-  Faktor-faktor yang berbasal dari dalam diri individu
-  Faktor-faktor yang berasal dari luar diri individu
-  Faktor-faktor Umum
Gambaran Umum Tentang Aspek-aspek Perkembangan Peserta Didik
Karakteristik Umum Perkembangan Peserta Didik
-  Karakteristik Anak Usia Sekolah Dasar (SD)
-  Karakteristik Anak Usia Sekolah Menengah (SMP)
-  Karakteristik Anak Usia Remaja (SMP/SMA)

BAB  3.  VARIASI INDIVIDUAL PESERTA DIDIK
Pengertian Peserta Didik
Teori-teori Psikologi tentang Hakikat Peserta Didik
-  Pandangan Psikodinamika
-  Pandangan Behavioristik
-  Pandangan Humanistik
-  Pandangan Psikologi Transpersonal
Peserta Diik Sebagai Makhluk Individual
Perbedaan Individual Peserta Didik
-  Perbedaan Fisik Motorik
-  Perbedaan Fisik Inteligensi
-  Perbedaan Kecakapan Bahasa
-  Perbedaan Psikologis
Karakteristik Individu dan Implikasinya Terhadap Pendidikan

BAB  4.  KEBUTUHAN PESERTA DIDIK
Teori Kebutuhan
Kebutuhan Dasar Manusia
Kebutuhan Peserta Didik dan Implikasinya Terhadap Pendidikan

BAB  5.  PERKEMBANGAN FISIK PESERTA
Pengertian Perkembangan Fisik
Karakteristik Perkembangan Fisik Peserta Didik
-  Keadaan Berat dan Tinggi Badan Anak Usia Sekolah
-  Masa Pubertas (10-14 Tahun)
-  Perubahan Fisik
-  Proporsi Tubuh
-  Kematangan Seksual
-  Perkembangan Motorik Anak Usia Sekolah Dasar
-  Masa Pubertas
Isu-isu Dalam Perkembangan Fisik: Nature dan nature
-  Dasar-dasar Genetik Perkembangan Fisik
-  Interaksi Hereditas dan LIngkungan Dalam Perkembangan Fisik
Implikasi Genetik dan Lingkungan Terhadap Pendidikan
Perkembangan Otak
Implikasi Perkembangan Otak Terhadap Pendidikan

BAB  6.  PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
Pengertian Perkembangan Kognitif
Perkembangan Kognitif Menurut Piaget
-  Ide-ide Dasar Teori Piaget
-  Tahap Perkembangan Kognitif Piaget
Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta Didik
-  Usia Sekolah (Sekolah Dasar - SD)
-  Negasi (Negation)
-  Hubungan Timbal Balik (Resiprokasi)
-  Identitas
-  Remaja (SMP dan SMA)
Ketidakdewasaan Pemikiran Remaja: Kritik Terhadap Teori Piaget
Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Terhadap Pendidikan

BAB  7.  PERKEMBANGAN PROSES KOGNITIF
Persepsi
-  Pengertian Persepsi
-  Mekanisme Persepsi
-  Memori (ingatan)
-  Pengertian Memori
-  Tipe-tipe sistem memori
-  Perkembangan Memori
Atensi (Perhatian)
-  Pengertian Atensi
-  Perkembangan Atensi
Implikasi Perkembangan Proses Kognitif Terhadap Pendidikan

BAB  8.  PERKEMBANGAN KETERAMPILAN KOGNITIF
Metakiognitif
-  Pengertian Metakognitif
-  Komponen Metakognitif
-  Perkembangan Metakognitif
Strategi Kognitif
-  Pengertian Strategi Kognitif
-  Jenis-jenis Strategi Kognitif
Implikasi Perkembangan Ketrampilan Kognitif Terhadap Pendidikian
Gaya Kognitif
-  Pengertian Gaya Belajar
-  Tipe Gaya Kognitif
-  Perkembangan Gaya Kognitif
-  Implikasi Perkembangan Gaya Kognitif Terhadap Pendidikan
Pemikiran Kritis
-  Pengertian Pemikiran Kritis
-  Karakteristik Pemikiran kritis
-  Perkembangan Pemikiran Kritis
-  Perkembangan Pemikiran kritis dan Implikasinya Terhadap Pendidikan

BAB  9.  PERKEMBANGAN KONSEP DIRI
Pengertian Konsep Diri
-  Konsep Diri dan Harga Diri
Dimenswi Konsep Diri
Konsep Diri dan Perilaku
-  Karakteristik Konsep Diri Anak Usia Sekolah
-  Karakteristik Konsep Diri Remaja (SMP-SMA)
Implikasi Perkembangan Konsep Diri Peserta Didik Terhadap Pendidikan

BAB  10.  PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN DAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Kemandirian
Pengertian Kemandirian
-  Bentuk-bentuk kemandirian
-  Tingkatan dan Karakteristik Kemandirian
-  Pentingnya Kemandirian bagi Peserta Didik
-  Perkembangan Kemandirian Peserta Didik dan Implikasinya bagi Pendidikan 
-  Penyesuaian Diri
-  Pengertian dan Teori Penyesuaian Diri
-  Aspek-aspek Penyesuaian Diri yang sehat
-  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri

BAB  11.  PERKEMBANGAN RESILIENSI PESERTA DIDIK
Asal-usul Konsep Resiliensi
Pengertian Resiliensi
Ciri-ciri dan Faktor-faktor Resiliensi
Upaya Pengembangan Resiliensi Peserta Didik dan Implikasinya Terhadap Pendidikan
-  Tahap 1.  Increase Bonding
-  Tahap 2.  Set Clear and Consistent Boundaries
-  Tahap 3.  Teach Life Skill
-  Tahap 4.  Provide Caring and Support
-  Tahap 5.  Set and Communicate High Expectations
-  Tahap 6.  Provide Opportunities For Meaningful Participation

BAB  12.  PERKEMBANGAN HUBUNGAN INTERNASIONAL PESERTA DIDIK
Hubungan dengan Keluarga
-  Karakteristik Hubungan Anak Usia Sekolah Dengan Keluarga 
-  Karakteristik Hubungan Remaja dengan Keluarga
Hubungan Dengan Teman Sebaya
-  Karakteristik Hubungan Anak Usia Sekolah dengan Teman Sebaya
-  Pembentukan Kelompok
-  Popularitas, Penerimaan Sosial dan Penolakan
Persahabatan
-  Karakteristik Hubungan Remaja dengan Teman Sebaya
Hubungan Dengan Sekolah

BAB  13.  PERKEMBANGAN TINGKAH LAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK
Pengertian Tingkah Laku Prososial
Sumber Tingkah Lagu Prososial
Perkembangan Tingkah Laku Prososial
Keputusan Tingkah Laku Prososial
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Tingkah Laku Prososial
Implikasi Perkembangan Tingkah Laku Prososial Terhadap Pendidikan 

BAB  14.  PERKEMBANGAN MORAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIKI 
Perkembangan Moral
Teori Psikoanalisa Tentang Perkembangan Moral
-  Teori Belajar-Sosial Tentang Perkembangan Moral
-  Teori Kognitif Piaget Tentang Perkembangan Moral
-  Teori Kohlbeng Tentang Perkembangan Moral
-  Penalaran Moral
Perkembangan Spiritualitas
-  Pengertian Spiritualitas
-  Spiritualitas dan Religuitas
-  Wacana Spirrituaalitas Dalam Psikologi Kontemporer
-  Spiritualitas Dalam Psikologi Humanistik
-  Spiritualitas Dalam Psikologi Transpersonal
-  Dimensi-dimensi Spiritualitas
Karakteristik Perkembangan Spiritualitas Peserta Didik
-  Teori Perkembangan Spiritual Fowler
-  Karakteristik Perkembangan Spiritualits anak Usia Sekolah
-  Karakteristik Perkembangan Spiritualits Remaja
Implikasi Perkembangan Moral dan Spiritual Terhadap Pendidikan

BAB  15.  PROBLEM STRESS SEKOLAH DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Fenomena Stress Sekolah Dalam Perkembangan Peserta Didik
-  Konsep Stress Sekolah
-  Sumber Stress Sekolah
-  Dampak Stress Sekolah
Upaya Mengatasi Problem Stress Sekolah yang Dialami Peserta Didik
-  Menciptakan Iklim Sekolah yang Kondusif
-  Melaksanakan Program Penelitian Penanggulanan Stress
-  mengembangkan Resiliensi Peserta Didik

DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS


Buku yang juga sangat penting untuk dibaca:
Psikologi Kependidikan, Prof. Dr. H. Abin Syamsuddin
Psikologi Pendidikan, Muhibbin Syah
Psikologi Perkembangan, Desmita
Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Dr. H. Syamsu Yusuf LN, M.Pd
Psikologi Perkembangan, Drs. Zulkifli L. 
Psikologig Pertumbuhan, MIF Baihaqi
Psikologi Remaja, Muhammad Al-Mighwar, M.Ag
Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Dra. Enung Fatimah, M.M
Psikologi Perkembangan, Elizabeth B. Hurlock
Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang), Jilid 1, Jeanne Ellis Ormord
Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.