Sabtu, 26 Januari 2013

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR


CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.


Judul:STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Pengarang

:

Drs. Hamdani, M.A
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
Pustaka Setia                                                   
978-979-076-161-2
10, th 2011
Indonesia
344 hlm
HVS
Soft Cover
16 cm x 24 cm
Kondisi
Berat
Harga
:
:
:
Baru400 gram                    
Rp. 45.000,-


discont  20%

Bayar:Rp. 36.000,- 





DAFTAR ISI :

BAB 1.  PENGERTIAN DAN TUJUAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Hakikat Belajar Mengajar
-  Pengertian Strategi
-  Strategi Pengajaran
-  Pengertian Belajar
Hakikat Pembelajaran
Perbedaan Model Pembelajaran
-  Model Pengembangan Perangkat Menurut Kemp.
-  Model Pengembangan Pembelajaran Menurut Dick dan Carey
-  Model Pengembangan 4-D
-  Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional)
Pembelajaran Kooperatif
-  Pengertian Pembelajaran Kooperatif
-  Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
-  Aplikasi Pembelajaran Kooperatif
-  Ketrampilan Kooperatif
-  Fase-fase Pembelajaran Kooperatif
-  Pendekatan Dalam Pembelajaran Kooperatif
Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
-  Pendekatan Konsep
-  Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
Ciri-ciri Pembelajaran
-  Komponen-komponen Pembelajaran
-  Strategi Active Learning
Pemilihan Strategi Belajar Mengajar
-  Efisiensi
-  Efektivitas
-  Kriteria Lain
Merencanakan Program Belajar Mengajar
-  Melaksanakan Proses Belajar Mengajar
-  Melaksanakan Penilaian Proses Belajar Mengajar
Ketuntasan Belajar
-  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar
-  Langkah-langkah atau Prosedur Pelaksanaan Ketuntasan Belajar
-  Efektivitas Sistem Pembelajaran Kooperatif
Desain Sistem Pembelajaran Online Learning
-  Behaviorisme dan Online Learning
-  Kognitivisme dan Online Learning
-  Konstruktivisme dan Online Learning
Belajar dan Perubahan Perilaku
-  Perubahan yang Didasari dan Disengaja (Intensional)
-  Perubahan yang Fungsional
-  Perubahan yang Bersifat Positif
-  Perubahan yang Bersifat Aktif
-  Perubahan yang Bersifat Permanen
-  Perubahan yang Bertujuan dan Terarah
-  Perubahan Perilaku secara Keseluruhan

BAB 2.  HAKIKAT SISTEM PENGEMBANGAN BELAJAR MENGAJAR
Belajar dan Proses Pembelajaran
-  Media dan Proses Pembelajaran
-  Media dan Proses Pembelajaran
-  Media Pembelajaran, Media Animasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
-  Lembar Kerja Siswa (LKS)
Pengertian Metode Pembelajaran
-  Metode Pembelajaran
-  Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Model-Model Pembelajaran
-  Metode Role Playing
-  Pembelajaran Berdasarkan Masalah
-  Cooperative Script
-  Picture dan Picture
-  Numbered Heads Together
-  Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)
-  Metode Jigsaw
-  Metode Team Games Turnament (TGT)
-  Model Student Teams - Achievement Divisions (STAD)
-  Model Examples Non Examples
-  Model leeson Study
Konsep Pembelajaran Tematik
Model Pembelajaran PAKEM
-  Memahami Sifat yang Dinamik Anak
-  Mengenal Anak secara Perorangan
-  Memanfaatkan Perilaku Anak dalam Pengorganisasian Belajar
-  Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif dan Kemampuan Memecahkan Masalah
-  Mengembangkan Ruang Kelas Sebagai Lingkungan Belajar yang Menarik
-  Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
-  Memberikan Umpan Balik yang Baik untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar
-  Membedakan antara Aktif Fisik dan Aktif Mental
Pengertian Active Learning (Belajar Aktif)
-  Glasgow 1966 (Doing Science)
-  Modell and Michael 1993 (Promoting Active Learning in Life Science Classrooms)
-  UC Davis TAC (Handbook)
Penerapan Penggunaan Pendekatan Active Learning
-  Buatlah Pembelajaran Matematika yang Berorientasi Dunia Sekitar Siswa
-  Berikan Siswa Kebebasan Bergerak
-  Tuntaskan dalam Mengajar
-  Belajar sambil Mengajar
-  Harmonisasi Hubungan Guru, Siswa, dan Orangtua
Penerapan E-Learning di Indonesia
-  Peran Komputer bagi Pendidikan Anak
-  Pengertian E-Learning
-  Pengertian yang Terkait E-Learning
Jenis-jenis Sumber Belajar
-  Pengertian Bahan Ajar
-  Fungsi Bahan Ajar
-  Klasifikasi Bahan Ajar
-  Tujuan Bahan Ajar
-  Ruang Lingkup Bahan Ajar
Bermain Sambil Belajar
Supervisi Meningkatkan Proses Pembelajaran
Prestasi Belajar
-  Pengertian Prestasi Belajar
-  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
-  Batas Minimal Prestasi Belajar

BAB 3.  MODEL PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSIONAL 
Model Pengembangan Instruksional
-  Aplikasi Penerapan Model-model Pengembangan Instruksional
Stratei Merancang Tujuan Instruksional
-  Kawasan Kognitif (Pemahaman)
-  Kawasan Afektif (Sikap dan Perilakku)
-  Kawasan Psikomotor (Psychomotor Domain)
Strategi Memilih Metode Instruksional
-  Tujuan Instruksional
-  Pengetahuan Awal Siswa
-  Bidang Studi atau Pokok Bahasan
-  Alokasi Waktu dan Sarana Penunjang
-  Jumlah Siswa
-  Pengalaman dan Kewibawaan Pengajar
Metode-metode Instruksional
-  Metode Ceramah (Lecture)
-  Metode Tanya Jawab
-  Metode Penampilan
-  Metode Diskusi
-  Metode Studi Mandiri
-  Metode Pembelajaran Terprogram
-  Metofe Latihan Bersama Teman
-  Metode Simulasi
-  Metode Pemecahan Masalah
-  Metode Studi kasus
-  Metode Insiden
-  Metode Praktikum
-  Metode Proyek
-  Metode Bermain Peran
-  Metode Seminar
-  Metode Simposium
-  Metode Tutorial
-  Metode Deduktif
-  Metode Induktif 
Hakikat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
-  Pembelajaran Kooperatif
-  Prosedur Instruksional dengan Menggunakan Berbagai Pendekatan
-  Desain Sistem Instruksional
ADDIE untuk Membangun Sistem Kesiswaan
Model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSI-PK)
Pengembangan Desain Pembelajaran
-  Hubungan antara Desain Pembelajaran
-  Model-model Pengembangan Desain Instruksional
-  Memilih Model Desain Pembelajaran
-  Pengembangan Desain Pembelajaran
Model Belajar Inkuiri
-  Expository dan Discovery atau Inquiry
-  Discovery dan Inquiry
Pengembangan Media Pendidikan
-  Media Pendidikan
-  Klasifikasi dan Jenis Media
-  Media yang Tidak Diproyeksikan
-  Media Video
-  Media Berbasis Komputer
-  Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
-  Tujuan Pamakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
Multimedia Pembelajaran Interaktif
-  Pengertian
-  Manfaat Multimedia Pembelajaran
-  Karakteristik Media Dalam Multimedia Pembelajaran
-  Format Multimedia Pembelajaran
Kualitas Pembelajaran
-  Learning to Know
-  Learning to do
-  Learning to Live Together
-  Learning to be

BAB 4.  RENCANA PENGEMBANGAN, TUJUAN DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
-  Fungsi
-  Prinsipp Pengembangan
-  Langkah-langkah Pengembangan
-  Cara penyusunan RPP
-  Format RPP
Strategi Pembelajaran Aktif
Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul
-  Pengertian Bahan Ajar
-  Ragam Bentuk Bahan Ajar
-  Pengertian Modul
-  Tujuan dan manfaat Penyusunan Modul
-  Prinsip-prinsip Penyusunan Modul Pembelajaran
-  Alur Penyusunan Modul
-  Pengisian Format
Perbedaan Bahan Ajar dan Sumber Belajar
-  Pengertian Teori Belajar Andragogi
-  Perkembangan Teori Belajar Andragogi
-  Asumsi-asumsi Pokok Teori Belajar Andragogi
-  Andragogi dan Psikologi Perkembangan
-  Pengaruh Penurunan Faktor Fisik dalam Belajar
-  Langkah-langkah Pokok dalam Andragogi
-  Perbandingan Asumsi dan Model Pedagogi dan Andragogi
-  Keunggulan dan Kelemahan Teori Belajar Andragogi
Penegasan Istiah

BAB 5.  MEDIA DAN METODE PENGAJARAN
Strategi Media Pembelajaran
Fungsi Media Pembelajaran
Jenis Peranan Media Pembelajaran
-  Media Visual
-  Media Audio
-  Media Audio Visual
Jenis-jenis Media Pembelajaran
-  Media Grafis
-  Teks
-  Audio
-  Grafis
-  Animasi
-  Video
Ciri Media Pembelajaran
-  Landasan Penggunaan media Pembelajaran
-  Klasifikasi Media dan Sumber Belajar
-  Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar
-  Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
Pengertian Media Pendidikan
-  Jenis Media Pendidikan
-  Media Pengajaran Geografi
-  Media Gambar Medium (Jamak, Media) adalah sebuah Saluran Komunikasi
Kelebihan dan Kelemahan Metode Mengajar
Teori dan Motivasi Belajar
-  Teori Belajar Dienes
-  Teori Belajar Browell dan Van Engen
-  Teori Belajar Gagne

BAB 6.  TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DAN UMPAN BALIK PENGAJARAN
Pengertian Kedudukan dan Syarat Evaluasi
-  Pengertian Evaluasi
-  Perbedaan Pengukuran dan Penilaian
-  Pengertian, Tujuan dan Prinsip Penilaian
-  Prinsip-prinsip Penilaian Hasil Belajar
-  Jenis-jenis Evalulasi
Fungsi dan Tujuan Evaluasi
Jenis-jenis Evaluasi Belajar
-  Evaluasi Formatif
-  Evaluasi Sumatif
-  Evaluasi Penempatan
-  Evaluasi Diagnostik
Perbedaan Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif
Kriteria Evaluasi
-  Standar Penilaian yang Mutlak
-  Standar yang Relatif
-  Instrumen Evaluasi
-  Prosedur Pelaksanaan Evaluasi
Penyusunan Instrumen Nontes
Desain Evaluasi
Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
Umpat Balik dan Pennguatan Belajar
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
-  Merumuskan Masalah
-  Mengawali Masalah Penelitian
-  Keberhasilan PTK

DAFTAR PUSTAKA




KEMBALI KE HALAMAN AWAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.