Jumat, 26 April 2013

BRAIN BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN OTAK)

CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.

-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.




Judul:BRAIN BASED LEARNING
(PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN OTAK)

Pengarang

:

Eric Jenseni
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
Pustaka Pelajar
978-602-8300-44-5
1, th 2008
Indonesia
xxi + 600 hlm
HVS
Soft Cover
15 cm x 24 cm
Kondisi
Berat
Harga
:
:
:
Baru 
900 Gram
Rp. 90.000,-

 
discont  20%

Bayar:Rp. 72.000,- 



 

BRAIN BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASES KEMAMPUAN OTAK)
Cara Baru Dalam Pengajaran dan Pelatihan

DAFTAR ISI :

BAB 1. MEMIKIRKAN KEMBALI OTAK KITA
Ada  Hutan Belantara di Sana
Bagaimana Segala Sesuatunya Berubah
Apakah Paham Perilaku sudah Ketinggalan Zaman
Apakah yang Dimaksud dengan Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak?
Kritik Terhadap Gerakan Berbasis Kemampuan Otak
 
BAB 2. MENEMUKAN OTAK KITA
Pembelajaran Multijalur yang Kompleks adalah Biasa
Setiap Otak itu Unik
Melihat Kembali Dialog Otak Kiri / Kanan
Otak Kita yang Asimetris
Paradoks Kreativitas Otak Kiri
Paradoks Logika Otak Kanan
Penggunaan Tangan dan Pembelajaran
 
BAB 3. BAGAIMANA OTAK BELAJAR
Anatomi Dasar Otak
Empat Bagian Otak
Bagian Otak Tengah
Sel-sel Otak
Mencerna Pembelajaran
Faktor-faktor Pembelajaran
Tahap-tahap Pembelajaran


BAB 4. SIKLUS BIO-KOGNITIF
Jam kerja
Dua Siklus yang Menjalankan Otak Pembelajaran Kita
Bahkan memori pun Bervariasi Menurut Waktunya
Siklus Pembelajaran dari Relaks ke Menjadi Aktif
"Denyut" Gaya Pembelajaran yant Terbaik bagi Otak
Otak Kita Perlu Banyak Istirahat
Waktu Tidur Menunjang Ingatan Jangka Panjang (Long-Term Memory)


BAB 5. LINGKUNGAN YANG OPTIMAL
Lingkungan Psikologis
Lingkungan Visual
Warna Dalam Lingkungan
Gambar-gambar Hidup yang Konkret
Dampak Periferal
Cahaya Dalam Lingkungan
Musim Dapat Mempengaruhi Pembelajaran
Suhu Optimal untuk Pembelajaran
Dehidrasi Tanaman Mempengaruhi Pembelajaran?
Aroma Dapat Meningkatkan Perhatian dan Pembelajaran
Dampak Ionisasi Negatif
Musik dan Kebisingan di Lingkungan
 
BAB 6. MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap
Keamanan Emosional
Peran Nutrisi dalam Pembelajaran
Beberapa Tips Nutrisi bagi Guru
Ketrampilan Pembelajaran Cara Belajar
Pembelajaran Secara Lebih Cepat dengan Pra-Pemaparan
BAgaimana Mind-Mapping Dapat Membantu  Pembelajaran
Meningkatkan Pembelajaran Dengan Ilmu Pengetahuan Sebelumnya
Penetapan Sasaran Meningkatkan Kinerja
Keyakinan Agensi Personal
Pra-Visualisasi Mendorong Pembelajaran
Relaksasi Mendorong Pembelajaran

BAB 7. OTAK, GENDER DAN PEMBELAJARAN
Perbedaan yang Terkondisi Secara Sosial
Perbedaan-perbedaan Biologis
Perbedaan-perbedaan fungsional


BAB 8.  IKLIM PEMBELAJARAN TAK SADAR 
Beberapa Pembelajaran Terjadi Secara Otomatis
Apa yang Kita Pelajari
Kekuatan Pembelajaran Tak Sadar
Otoritas dan Kredibilitas Guru
Kesesuaian Guru
Penampilan Guru
Pentingnya Sebuah Iklim yang Positif
Ekspektasi Pembelajar
Ketidakaktifan Kelas dan keheningan yang Dipaksakan
Ketrampilan Berfikir
Kontrol Guru yang Ketat
Metode SAT (Suggest, Ask, Tell)
Pengaturan Tempat Duduk yang Terbaik dalam Ruangan
Menginspirasikan Motivasi yang Optimal

BAB 9.  KONDISI ATENSIONAL  
Bagaimana Mengatikan Atensi Otak
Apa Saja yang Mempengaruhi Atensi 
Terlalu Banyak Atensi
Menciptakan Kimiawi Atensi
Peran Tawa
Reaksi Kimiawi Aktivitas Fisik
Peralihan Atensi
BAgaimana Kita Mendengarkan
Kondisi Optimal Bagi Pembelajaran
Menyesuaikan Tantangan dan Penguasaan
Apa yang Dapat Dikatakan Gelombang Otak Kepala Kita


BAB 10.   OTAK DAN KEUNIKAN  
Menghargai Perbedaan Gaya Pembelajaran
Karakteristik Gaya Pembelajaran
Preferensi Input
Format-format Pemrosesan
Filter-filter Respons
Fleksibilitas Gaya Pembelajaran
Peringatan Untuk Gaya Pembelajaran

BAB 11.  MEMPERKAYA OTAK  
Neurogenesis Manusia itu Memungkinkan!
Lima Kunci untuk Pengayaan
Apakah yang Baru dari Kebaruan?
Umpan Balik Mendorong Pembelajaran
Lebih Mengaktifkan Otak

BAB 12.   PERAN GERAKAN DAN OLAH RAGA 
Perkembangan Motorik dan Pembelajaran
Pengungkapan Kode Serebral
Tumbuh Aktif
Pendidikan Fisik dan Pembelajaran
BAgaimana Aktivitas Fisik Mendorong Pembelajaran
Mengapa Bermain Menjadi Bagian dari Pembelajaran
Simulasi BAgi Tubuh dan Pikiran
Fisiologi dan Postur Pembelajaran Mempengaruhi Pembelajaran
BAgaimana Relaksasi dan Stress Mempengaruhi Pembelajaran
Kontribusi James Asher
Membangkitkan Ide

BAB 13.  MENINGKATKAN KOGNISI  
Lingkungan
Kemampuan dan kehendak
Pengalaman hidup
Gen
Pilihan Gaya Hidup
Mengajar Berfikir
Kekacauan dan kebingungan Dapat Berguna Bagi Pembelajar
Apakah Sebetulnya BErfikir itu?
GErakan Mata dan Berfikir
Pertanyaan Mendorong Pembelajaran yang Lebih Baik
Pola Jawaban Menunjukkan Cara BErfikir
Arti Penting Diskusi
Mengaktifkan Otak Dengan Pemecahan Masalah
Pembelajaran Kompetitif atau Kooperatif
Peran Intuisi dalam Proses Berfikir

BAB 14.  DIGERAKKAN OLEH EMOSI  
Apa yang Kita Temukan Tentang Emosi BElakangan Ini
Peran Emosi Dalam Pembelajaran
Paradigma Baru: "Logika Emosional"
Reaksi Kimia Emosi
Apakah Perasaan dan Emosi itu Sama?
Amigdala yang menakjubkan
Tombol Panas dan Amigdala
Emosi dan Kondisi Tubuh-PIkiran
Cara Mengeluarkan Ekspresi
Perangkat Berfikir Emosi
Belajar Harus "Merasa Benar"

BAB 15.  MEMORI DAN INGATAN  
BAgaimana Memori Kita Bekerja
Dimanakah Memori Kita Hidup
Potensiasi jangka Panjang: Apakah Itu?
Zat Kimia yang Mempengaruhi Memori
Memori Tergantung Pada Kondisi
Beberapa Aplikasi Praktis untuk Ingatan yang Lebih Baik
Apa yang Kita Maksud dengan Jalur-jalur Memori?
Melibatkan Jalur Memori Berganda
Pengaruh-pengaruh Lain pada Ingatan
Prinsip B E M
Lebih Banyak memori, Penyimpanan dan Penemuan Ide

BAB 15.  STRESS DAN ANCAMAN  
Pembelajar yang Mengalami Distres (Hendaya)
Otak yang Mengalami Distres (Hendaya)
Dampak Tekanan Sosial
Ketika Pembelajar Tak Mampu Merasakan Stres
Reaksi Terhadap Ancaman

BAB 17.  MUSIK YANG MEMILIKI TUJUAN   
Pengaruh Tubuh-Pikiran
Otak yang Musikal
Musik dan Pembelajaran
Pengaruh Musik Terhadap Suasana Hati dan Stres
Pilihan Musik Seperti Apa yang Paling Bermanfaat?
Musik Sebagai Pembawa Pesan ke Pikiran Tak Sadar
Menarik Perhatian Otak dengan "Concert Readings"

BAB 18.  IMBALAN, MOTIVASI DAN KREATIVITAS  
Kekeliruan Membeli Pembelajar
Ketidakmampuan Belajar
Perubahan Dalam Otak
Berbagai Kondisi dan keterpaksaan
BElajar Meninggalkan Ketidakmampuan Belajar
Bahaya Pujian dan Berlebihan
Motivasi dan Imbalan
Imbalan dan Otak Menusia
Pengaruh Merusak dari Imbalan
Beberapa Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik
Perubahan yang Diberi Imbalan Kehilangan Daya Tarik
Haruskah Anda Menggunakan Imbalan?
Alternatif Untuk Penyuapan dan Imbalan
Apa yang Dikatakan Para Pendukung Sistem Imbalan
Mengganti Imbalan dalam Pembelajaran

BAB 19.  MENCIPTAKAN MAKNA  
Dua Jenis Makna
Biologi Makna
Apa yang Memicu Rasa Makna?
Relevansi
Emosi
Hubungan dengan Emosi
KOnteks dan Pola
Deteksi Pola
Permainan-Peran dan Permainan (Games) yang Mengayakan Makna
Keragaman Peran Meningkatkan Pembelajaran

BAB 20.  MENERAPKAN DISIPLIN DENGAN OTAK DALAM PIKIRAN  
SEbuah Pendekatan Disiplin yang Realistik
Mencegah Masalah Disiplin
Kontrol yang Terlalu Ketat dapat Menjadi Bumerang
Dampak Ancaman Tak Kentara yang Terus Menerus
Tingkat Disiplin

BAB 21.  MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN OTAK DALAM PIKIRAN  
Mengutamakan Pembelajar TErlebih Dahulu
Perencanaan Pelajaran Gaya Lama
Menyiapkan Pembelajaran
Strategi-strategi Perencanaan Berbasis Kemampuan Otak
Tujuh Tahap Garis Besar Perencanaan Berbasis Kemampuan Otak

BAB 22.  KELAS YANG BERBASIS KEMAMPUAN OTAK  
Sekolah Sebagai Komunitas Pembelajaran
Esensi dari Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak

BAB 23.  KURIKULUM DENGAN OTAK DALAM PIKIRAN  
Kurikulum yang Sesuai Kemampuan Otak
Kefasihan Sosial
Pengembangan Pribadi
Ekspresi Artistik
Literasi Informasi
Tuntutan Ilmiah
Saran-saran untuk TK sampai Kelas 5
Saran-saran untuk Kelas 6 sampai 12+

BAB 24.  MEMIKIRKAN KEMBALI PENILAIAN  
Apa yang Tidak Bekerja
Kesalahan-kesalahan yang Harus Dihindari
Ikhtisar Penilaian Berbasis Kemampuan Otak
Muatan / Konten
Emosi
Konteks
Pemrosesan
Pengejawantahan
27 Ide untuk menilai Pembelajaran Autentik
Memfokuskan pada Umpan Balik
Meningkatkan Nilai Ujian

BAB 25.  REFORMASI BERBASIS KEMAMPUAN OTAK  
Gambaran yang Besar
Libatkan Para Siswa dalam Reformasi
Tujuh Langkah Mentransformasikan Sekolah Anda Menjadi Sebuah Organisasi
Pembelajaran
Sekolah Anda Bersahabat dengan Otak
Menilai Komunitas Pembelajaran
Menjadi Pakar Tingkat Lokal

APENDIKS
BIBLIOGRAFI
TENTANG PENULIS
INDEKS




   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.