Kamis, 07 Februari 2013

KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN


CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.
Judul:KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN

Pengarang

:

Lorin W. Anderson; David R. Krathwohl
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
Pustaka Pelajar                                                   
978-602-8764-97-1
1, th 2010
Indonesia
xxx + 434 hlm
HVS
Soft Cover
15,5 cm x 23 cm
Kondisi
Berat
Harga
:
:
:
Baru700 gram                    
Rp. 75.000,-


discont  20%

Bayar:Rp. 60.000,- 





DAFTAR ISI :

BAGIAN 1.  TAKSONOMI PENDIDIKAN TINGGI: TUJUAN PENDIDIKAN DAN PROSES PEMBELAJARAN 

BAB 1.  PENDAHULUAN
Kebutuhan akan Taksonomi Pendidikan
Meningkatkan dan Memanfaatkan Pemahaman Kita
-  Tabel Taksonomi, Tujuan, dan Alokasi Waktu Pembelajaran
-  Tabel Taksonomi dan Pembelajaran
-  Tabel Taksonomi dan Asesmen
-  Kesesuaian antara Tujuan, Pembelajaran, dan Asesmen
Guru Pembuat Kurikulum vs. Pelaksana Kurikulum 

BAB 2.  STRUKTUR, SPESIFIKASI, DAN PROBLEMATIKA TUJUAN
Struktur Tujuan
-   Isi versus Pengetahuan
-   Perilaku versus Proses Kognitif
Spesifikasi Tujuan
-   Tujuan Global
-   Tujuan Pendidikan
-   Tujuan Instruksional
-   Ringkasan Tingkat-tingkat Tujuan
Apa yang Bukan Tujuan
Perubahan Kosakata dalam Rumusan Tujuan Pendidikan
Problematika Tujuan
-   Spesifikasi dan Inklusivitas
-   Tujuan yang Kaku
-   Tujuan Merepresentasikan Proses Belajar atau Prestasi Siswa?
-   Keterbatasan Rumusan Tujuan
-   Kesimpulan

BAGIAN 2.  STRUKTUR TAKSONOMI PENDIDIKAN BARU

BAB 3.  TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN 
Kategori Dimensi Pengetahuan
Kategori-kategori dalam Dimensi Proses Kognitif
Tabel Taksonomi dan Tujuan Pendidikan
Mengapa Tujuan Pendidikan Perlu Dikategorikan?
Banyak Definisi
-   Deskripsi Verbbal
-   Contoh Tujuan Pendidikan
-   Contoh Pertanyaan Asesmen
-   Contoh Aktivitas Pembelajaran

BAB 4.  DIMENSI PENGETAHUAN
Perbedaan antara Pengetahuan dan Materi Pelajaran
Jenis-jenis Pengatahuan
-   Perbedaan antara Pengetahuan Faktual dan Pengetahuan Konseptual
-   Alasan Pencantuman Pengetahuan Kognitif
Kategori-kategori dalam Dimensi Pengetahuan
-   Pengetahuan Faktual
-   Pengetahauan Konseptual
-   Pengetahuan Prosedural
-   Pengetahuan Metakognitif
Mengases Tujuan Pendidikan yang Mencakup Pengetahuan Kognitif 
Kesimpulan 

BAB 5.  DIMENSI PROSES KOGNITIF
Tiga Macam Belajar
-   Tiada Aktifitas Belajar
-   Belajar Menghafal
-   Belajar yang Bermakna
Belajar yang Bermakna adalah Mengkonstruksi Kerangka Pengetahuan
Proses Kognitif dalam meretensi dan Mentransfer
Kategori-kategori dalam Dimensi Proses Kognitif
-   Mengingat
-   Memahami
-   Mengaplikasikan
-   Menganalisis
-   Mengevaluasi
-   Mencipta
Proses Kognitif yang Kontekstual dan Tidak Kontekstual
Contoh Tujuan Pendidikan yang Kontekstual
-   Mengingat Apa yang Telah Dipelajari
-   Memahami dan Menggunakan apa yang dipelajari
Kesimpulan

BAGIAN 3.  PENGGUNAAN TAKSONOMI PENDIDIKAN

BAB 6.  PENGGUNAAN TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Tujuan Pembelajaran Anda
Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Tujuan Pembelajaran Guru Lain
Melihat Kembali Tabel Taksonomi
-   Pertanyaan tentang Taksonomi
-   Pertanyaan Tentang Instruksi
-   Pertanyaan Tentang Asesmen
-   Pertanyaan tentang Kesesuaian antara Rumusan Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmennya
Masalah-masalah dalam Pengklasifikasian Tujuan Pembelajaran
-   Masalah tingkat Spesifikasi
-   Masalah Pembelajaran Sebelumnya
-   Membedakan Tujuan dan Aktivitas
-   Tips untuk Mengklasifikasikan Tujuan Pembelajaran
-   Menelaah Kata Kerja dan Kata Bendanya
-   Menghubungkan Jenis Pengetahuan dengan Proses Kognitif
-   Memastikan Bahwa Kata Benda atau Frasa Benda Anda Tepat
-   Memanfaatkan Banyak Sumber Informasi 

BAB 7.  PENGANTAR PEMBAHASAN SKETSA PEMBELAJARAN
Karakteristik Sketsa Pembelajaran
Unit Kurikulum
Komponen-komponen Pokok Deskripsi Sketsa Pembelajaran
Menggunakan Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Sketsa Pembelajaran
Langkah-langkah dalam Menganalisis Sketsa Pembelajaran
Sistematika Pembahasan Sketsa Pembelajaran

BAB 8.  SKETSA PEMBELAJARAN NUTRISI
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-   Pertanyaan tentang Pembelajaran
-   Pertanyaan tentang Instruksi
-   Pertanyaan tentang Asesmen
-   Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 9.  SKETSA PEMBELAJARAN MACBETH
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
-   Aktivitas Pendahuluan
-   Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 1
-   Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 2
-   Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 3
-   Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 4
-   Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 5
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-   Pertanyaan Tentang Pembelajaran
-   Pertanyaan Tentang Instruksi
-   Pertanyaan Tentang Asesmen
-   Pertanyaan Tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 10.  SKETSA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-   Pertanyaan tentang Pembelajaran
-   Pertanyaan tentang Instruksi
-   Pertanyaan tentang Asesmen
-   Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5.  Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 11.  SKETSA PEMBELAJARAN UNDANG-UNDANG
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-   Pertanyaan tentang Pembelajaran
-   Pertanyaan tentang Instruksi
-   Pertanyaan tentang Asesmen
-   Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5.  Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 12.  SKETSA PEMBELAJARAN GUNUNG BERAPI
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-   Pertanyaan tentang Pembelajaran
-   Pertanyaan tentang Instruksi
-   Pertanyaan tentang Asesmen
-   Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5.  Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 13.  SKETSA PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
-   Pertanyaan tentang Pembelajaran
-   Pertanyaan tentang Instruksi
-   Pertanyaan tentang Asesmen
-   Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5.  Pertanyaan-pertanyaan Penutup

BAB 14.  MENGURANGI MASALAH-MASALAH PELIK DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
Kesimpulan Perihal Pembelajaran
-   Menggunakan Tujuan-tujuan Kognitif yang Kompleks untuk Mencapai Tujuan-tujuan 
     yang Sederhana
-   Memilih Jenis Pengetahuan
Kesimpulan Jenis Pengetahuan
-    Memahami Hubungan antara Jenis Pengetahuan dan Proses Kognitif
-   Membedakan Aktivitas Tujuan dan Tujuan Pembelajaran
Kesimpulan Perihal Asesmen
-   Menggunakan Asesmen Sumatif dan Asesmen Formatif
-   Menghadapi Asesmen Eksternal
Kesimpulan perihal Kesesuaian antara Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen
-   Menyesuaikan Asesmen dengan Tujuan
-   Penyesuaian Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dan Asesmen
-   Penyesuaian Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dengan Tujuan
Komentar Akhir
Masalah-masalah yang Belum Terselesaikan
-   Perencanaan dan Analisa yang Lebih Matang
-   Hubungan antara Tujuan dan Pembelajaran
-   Format Tes Pilihan Ganda yang Tak Kunjung Maju
-   Teori Belajar dan Kognisi
-   Hubungan antara Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor
Penutup

LAMPIRAN

LAMPIRAN A.  RINGKASAN PERUBAHAN KERANGKA TAKSONOMI
-   Perubahan Pelaksana
-   Perubahan Teknologi
-   Perubahan Struktur
Pencantuman Memahami dan Penghilangan Menyelesaikan Masalah dan Berfikir Kritis

LAMPIRAN B.  RINGKASAN TAKSONOMI BLOOM: RANAH KOGNITIF
Pengetahuan
Kemampuan dan Ketrampilan Intelektual




KEMBALI KE HALAMAN AWAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.