CARA BELANJA:
- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
- Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
- Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.
Judul | : | KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN DAN ASESMEN | |||
Pengarang | : | Lorin W. Anderson; David R. Krathwohl | |||
Penerbit ISBN Cetakan ke/th Bahasa Jumlah Halaman Kartas Isi Cover Ukuran | : : : : : : : : | Pustaka Pelajar 978-602-8764-97-1 1, th 2010 Indonesia xxx + 434 hlm HVS Soft Cover 15,5 cm x 23 cm | |||
Kondisi Berat Harga | : : : | Baru700 gram Rp. 75.000,- | discont 20% | ||
Bayar | : | Rp. 60.000,- |
DAFTAR ISI :
Kategori Dimensi Pengetahuan
BAGIAN 1. TAKSONOMI PENDIDIKAN TINGGI: TUJUAN PENDIDIKAN DAN PROSES PEMBELAJARAN
BAB 1. PENDAHULUAN
Kebutuhan akan Taksonomi Pendidikan
Meningkatkan dan Memanfaatkan Pemahaman Kita
- Tabel Taksonomi, Tujuan, dan Alokasi Waktu Pembelajaran
- Tabel Taksonomi dan Pembelajaran
- Tabel Taksonomi dan Asesmen
- Kesesuaian antara Tujuan, Pembelajaran, dan Asesmen
Guru Pembuat Kurikulum vs. Pelaksana Kurikulum
BAB 2. STRUKTUR, SPESIFIKASI, DAN PROBLEMATIKA TUJUAN
Struktur Tujuan
- Isi versus Pengetahuan
- Perilaku versus Proses Kognitif
Spesifikasi Tujuan
- Tujuan Global
- Tujuan Pendidikan
- Tujuan Instruksional
- Ringkasan Tingkat-tingkat Tujuan
Apa yang Bukan Tujuan
Perubahan Kosakata dalam Rumusan Tujuan Pendidikan
Problematika Tujuan
- Spesifikasi dan Inklusivitas
- Tujuan yang Kaku
- Tujuan Merepresentasikan Proses Belajar atau Prestasi Siswa?
- Keterbatasan Rumusan Tujuan
- Kesimpulan
BAGIAN 2. STRUKTUR TAKSONOMI PENDIDIKAN BARU
BAB 3. TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Kategori-kategori dalam Dimensi Proses Kognitif
Tabel Taksonomi dan Tujuan Pendidikan
Mengapa Tujuan Pendidikan Perlu Dikategorikan?
Banyak Definisi
- Deskripsi Verbbal
- Contoh Tujuan Pendidikan
- Contoh Pertanyaan Asesmen
- Contoh Aktivitas Pembelajaran
BAB 4. DIMENSI PENGETAHUAN
Perbedaan antara Pengetahuan dan Materi Pelajaran
Jenis-jenis Pengatahuan
- Perbedaan antara Pengetahuan Faktual dan Pengetahuan Konseptual
- Alasan Pencantuman Pengetahuan Kognitif
Kategori-kategori dalam Dimensi Pengetahuan
- Pengetahuan Faktual
- Pengetahauan Konseptual
- Pengetahuan Prosedural
- Pengetahuan Metakognitif
Mengases Tujuan Pendidikan yang Mencakup Pengetahuan Kognitif
Kesimpulan
BAB 5. DIMENSI PROSES KOGNITIF
Tiga Macam Belajar
- Tiada Aktifitas Belajar
- Tiada Aktifitas Belajar
- Belajar Menghafal
- Belajar yang Bermakna
Belajar yang Bermakna adalah Mengkonstruksi Kerangka Pengetahuan
Proses Kognitif dalam meretensi dan Mentransfer
Kategori-kategori dalam Dimensi Proses Kognitif
- Mengingat
- Memahami
- Mengaplikasikan
- Menganalisis
- Mengevaluasi
- Mencipta
Proses Kognitif yang Kontekstual dan Tidak Kontekstual
Contoh Tujuan Pendidikan yang Kontekstual
- Mengingat Apa yang Telah Dipelajari
- Memahami dan Menggunakan apa yang dipelajari
Kesimpulan
BAGIAN 3. PENGGUNAAN TAKSONOMI PENDIDIKAN
BAB 6. PENGGUNAAN TABEL TAKSONOMI PENDIDIKAN
Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Tujuan Pembelajaran Anda
Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Tujuan Pembelajaran Guru Lain
Melihat Kembali Tabel Taksonomi
- Pertanyaan tentang Taksonomi
- Pertanyaan Tentang Instruksi
- Pertanyaan Tentang Asesmen
- Pertanyaan tentang Kesesuaian antara Rumusan Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmennya
Masalah-masalah dalam Pengklasifikasian Tujuan Pembelajaran
- Masalah tingkat Spesifikasi
- Masalah Pembelajaran Sebelumnya
- Membedakan Tujuan dan Aktivitas
- Tips untuk Mengklasifikasikan Tujuan Pembelajaran
- Menelaah Kata Kerja dan Kata Bendanya
- Menghubungkan Jenis Pengetahuan dengan Proses Kognitif
- Memastikan Bahwa Kata Benda atau Frasa Benda Anda Tepat
- Memanfaatkan Banyak Sumber Informasi
BAB 7. PENGANTAR PEMBAHASAN SKETSA PEMBELAJARAN
Karakteristik Sketsa Pembelajaran
Unit Kurikulum
Komponen-komponen Pokok Deskripsi Sketsa Pembelajaran
Menggunakan Tabel Taksonomi untuk Menganalisis Sketsa Pembelajaran
Langkah-langkah dalam Menganalisis Sketsa Pembelajaran
Sistematika Pembahasan Sketsa Pembelajaran
BAB 8. SKETSA PEMBELAJARAN NUTRISI
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
- Pertanyaan tentang Pembelajaran
- Pertanyaan tentang Instruksi
- Pertanyaan tentang Asesmen
- Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup
BAB 9. SKETSA PEMBELAJARAN MACBETH
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
- Aktivitas Pendahuluan
- Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 1
- Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 2
- Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 3
- Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 4
- Aktivitas-aktivitas yang Berkaitan dengan Babak 5
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
- Pertanyaan Tentang Pembelajaran
- Pertanyaan Tentang Instruksi
- Pertanyaan Tentang Asesmen
- Pertanyaan Tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup
BAB 10. SKETSA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
- Pertanyaan tentang Pembelajaran
- Pertanyaan tentang Instruksi
- Pertanyaan tentang Asesmen
- Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup
BAB 11. SKETSA PEMBELAJARAN UNDANG-UNDANG
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
- Pertanyaan tentang Pembelajaran
- Pertanyaan tentang Instruksi
- Pertanyaan tentang Asesmen
- Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup
BAB 12. SKETSA PEMBELAJARAN GUNUNG BERAPI
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
- Pertanyaan tentang Pembelajaran
- Pertanyaan tentang Instruksi
- Pertanyaan tentang Asesmen
- Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup
BAB 13. SKETSA PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN
Bagian 1. Tujuan
Bagian 2. Aktivitas-aktivitas Pembelajaran
Bagian 3. Asesmen
Bagian 4. Komentar Penutup
- Pertanyaan tentang Pembelajaran
- Pertanyaan tentang Instruksi
- Pertanyaan tentang Asesmen
- Pertanyaan tentang Kesesuaian
Bagian 5. Pertanyaan-pertanyaan Penutup
BAB 14. MENGURANGI MASALAH-MASALAH PELIK DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
Kesimpulan Perihal Pembelajaran
- Menggunakan Tujuan-tujuan Kognitif yang Kompleks untuk Mencapai Tujuan-tujuan
yang Sederhana
- Memilih Jenis Pengetahuan
Kesimpulan Jenis Pengetahuan
- Memahami Hubungan antara Jenis Pengetahuan dan Proses Kognitif
- Membedakan Aktivitas Tujuan dan Tujuan Pembelajaran
Kesimpulan Perihal Asesmen
- Menggunakan Asesmen Sumatif dan Asesmen Formatif
- Menghadapi Asesmen Eksternal
Kesimpulan perihal Kesesuaian antara Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen
- Menyesuaikan Asesmen dengan Tujuan
- Penyesuaian Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dan Asesmen
- Penyesuaian Aktivitas-aktivitas Pembelajaran dengan Tujuan
Komentar Akhir
Masalah-masalah yang Belum Terselesaikan
- Perencanaan dan Analisa yang Lebih Matang
- Hubungan antara Tujuan dan Pembelajaran
- Format Tes Pilihan Ganda yang Tak Kunjung Maju
- Teori Belajar dan Kognisi
- Hubungan antara Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor
Penutup
LAMPIRAN
LAMPIRAN A. RINGKASAN PERUBAHAN KERANGKA TAKSONOMI
- Perubahan Pelaksana
- Perubahan Teknologi
- Perubahan Struktur
Pencantuman Memahami dan Penghilangan Menyelesaikan Masalah dan Berfikir Kritis
LAMPIRAN B. RINGKASAN TAKSONOMI BLOOM: RANAH KOGNITIF
Pengetahuan
Kemampuan dan Ketrampilan Intelektual
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.