Sabtu, 02 Februari 2013

MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN


CARA BELANJA:

- SMS-kan ke 0878 1295 3000; Judul Buku, Pengarang dan Penerbit; serta Nama dan alamat kirim lengkap (untuk cek ongkos kirim)
- Anda akan mendapatkan balasan sms tentang total harga + ongkos kirim dan nomor rekening untuk ditransfer.
-  Jika sudah transfer langsung sms-kan besar uang dan bak yang ditransfer.
-  Setelah rekening dicek masuk, buku akan langsung dikirim sesuai alamat kirim yang diminta.


  
Judul:MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Pengarang

:

Dr. Syaeful Sagala, M.Pd
Penerbit
ISBN
Cetakan ke/th
Bahasa
Jumlah Halaman
Kartas Isi
Cover
Ukuran
:
:
:
:
:
:
:
:
Alfabeta                                                   
978-979- 8433-20-7
3, th 2009
Indonesia
xii + 272 hlm
HVS
Soft Cover
16 cm x 24 cm
Kondisi
BeratHarga
:
:
:
Baru
        gram          
Rp. 45.000,-


discont  20%

Bayar:Rp. 36.000,- 



DAFTAR ISI :

BAB 1 : SEKOLAH SEBAGAI BAGIAN SISTEM PENDIDIKAN

A.  Pendidikan Sebagai Suatu Sistem
      Arti dan Makna Pendidikan
      Sistem Pendidikan Nasional
      Hierarki Profesi Tenaga Kependidikan
      Teori Ilmu Pengetahuan dalam Struktur Ilmu Pendidikan
B.  Problematika Administrasi dan Manajemen Sekolah
     Team Working Sekolah
     Kompleksitas Birokrasi Pendidikan
     Sekolah dalam Birokrasi Pemerintah
     Kinerja Guru
     Manajemen Sekolah

BAB 2 : 
KONSEP ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN SEKOLAH
A.  Konsep Dasar Administrasi Sekolah

     Pengertian dan Prinsip Administrasi Sekolah
     Ruang Lingkup Administrasi Sekolah
     Tujuan Mempelajari Administrasi Sekolah

BAB 3 : SEKOLAH SEBAGAI ORGANISASI
A.  Arti dan Makna Sekolah

      Konsep Sekolah
      Tugas Pokok dan Fungsi Sekolah
B.  Organisasi Sekolah dalam Menyelenggarakan Pendidikan

      Arti dan Makna Organisasi
      Karakteristik Organisasi Sekolah yang Efektif
C.  Komponen Organisasi Sekolah

      Kepala Sekolah sebagai Manajer dan Pemimpin Pendidikan
      Wakil Kepala Sekolah sebagai Pendukung Kepemimpinan Kepala Sekolah
     Guru sebagai Pendidik dan Penanggungjawab Pembelajaran
     Konselor sebagai Pendukung Kualitas Belajar
     Tenaga Kependidikan sebagai Perencana Pendidikan / Sekolah Bertanggungjawab Mneyediakan Informasi
     Tenaga Ahli Kurikkulum sebagai Pelayan Manajemen Kurikulum
     Supervisi Pengajaran di Sekolah

BAB 4 : 
MANAJEMEN STRATEGIK SEKOLAH MENGHADAPI PERSAINGAN MUTU
A.  Manajemen Strategi Mutu

      Formulasi Visi dan Misi sekolah
      Tujuan dan Target Sekolah
      Penentuan Strategi Organisasi Sekolah
      Implementasi Strategi Organisasi Sekolah
     Analisis SWOT secara Cermat dan Akurat
B.  Model Balanced Scrorecard dalam Manajemen Sekolah

      Penterjemahan Strategi ke Operasional
      Menyejajarkan Organisasi Sekolah ke Strategi
      Strategi Menjadi Pekerjaan Harian bagi Setiap Orang
      Jadikan Strategi Proses yang Berkelanjutan
      Perbanyak Perubahan Melalui Pimpinan Eksekutif
C.  Penggunaan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu

      Arti dan Makna Manajemen Berbasis Sekolah
      Paradigma Manajemen Berbasis Sekolah
      Efektifitas Model Penyelenggaraan Manajemen Berbasis Sekolah
      Penerapan Model MBS Meningkatkan Mutu Sekolah
      Standar Pelayanan Minimal (SPM) Meningkatkan Mutu Sekolah
      Tenaga Kependidikan Bukan Pendidik

BAB 5 : 
PENILAIAN KINERJA SEKOLAH
A.  Penilaian Kinerja

      Konsep Dasar Penilaian Kinerja
      Kinerja / Performasi
      Prosedur Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
      Maksud dan tujuan Penilaian kinerja Kepala Sekolah
      Metode, Instrumen dan Pelaku Penilaian Pengukuran Kinerja Sekolah
      Analisis Penilaian dan Penyimpulan Data Hasil Pengukuran kompetensi Kinerja Personal Sekolah
B.  Portofolio Kinerja Sekolah

      Pengertian dan Karakteristik Penilaian Portofolio
      Menilai Portofolio
C.  Penliaian Kinerja Sekolah Menggunakan Penelitian Tindakan (Action Research)

      Pengertian dan Manfaat  Penelitian Tindakan
      Siklus Penelitian Tindakan
      Masalah dan Rumusan Penelitian
      Metode Pengumpulan Data
D.  Penegakan Disiplin Sekolah
E.  Pentingnya Penilaian Kinerja Sekolah

BAB 6 : MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM ORGANISASI SEKOLAH

Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan
Pemerintah Pelayan Kebutuhan Anggaran Pendidikan dan Pemmfasilitas Sekolah
Kebutuhan Operasional Sekolah
Manajemen Keuangan Sekolah
Sumber-sumber Keuangan

BAB 7 : PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP SEKOLAH
A.  Kedudukan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah

      Kebutuhan Orang Tua dan Masyarakat
      Sekolah Sebagai Pelayan Publik (Public Service)
B.  Partisipasi Masyarakat dalam Wadah Komite Sekolah

      Tugas dan Fungsi 
      Kewenangan 
C.  Partisipasi Masyarakat dalam Wadah Dewan Pendidikan

      Tujuan Dewan Pendidikan
      Peran dan Fungsi Dewan Pendidikan
      Keanggotaan Dewan Pendidikan
D.  Mengelola Stakeholders Sekolah

BAB 8 : PENUTUP



Buku yang juga sangat penting untuk dibaca:
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization), Dr. Wahyudi
Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Dr. E. Mulyasa, M.Pd
Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence, Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd
Kepemeinpinan Berbasis Multiple Intelligence, Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd
Supervisi Profesional, Prof. Dr. H. Dadang Suhardan, M.Pd
Supervisi Pembelajaran, Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd
Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Drs. M. Ngalim Purwanto, M.P
Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Drs. Herabudin, M.Pd.
Kepemimpinan Pendidikan, Prof. Dr. Sudarwan Danim
Perilaku Organisasi (Teori dan Praktik di Bidang Pendidikan), Hendyat Soetopo
Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd
Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Prof. Dr. Hj. Sri Banun Muslim, M.Pd
Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, Prof. Dr. H. Sudarwan Danim
Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd., M.Si
Landasan manajemen Pendidikan, Dr. Nanang Fattah
Manajemen Pendidikan Islam, Dr. Kh. U. Saefullah, M.M.Pd
Manejemen Pendidikan, Drs. Hikmat, M.Ag
Strategic Partnering For Edducational Management, Dr. Ir. Nana Rukmana D.W., M.A
Strateggi Pendidikan Upaya Memahami Wahyu dan Ilmu, Prof. Azyumardi Azra, M.A., Ph,D, dkk
Komunikasi Pembelajaran, Drs. Dedi Supriadie, M.Pd. dan Dr. Deni Darmawan, S.Pd., MSi
Manajemen Pendidikan Karakter, Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd
Manajemen Pendidikan Nasional, Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, M.Sc.Ed

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.